Cara Lain Menikmati Jatinangor Saat Malam Tiba

03.50 / Diposting oleh Jatinangor Malam Hari /

Oleh : Yurike Puspita Arini

Jatinangor adalah sebuah desa yang berubah menjadi kota kecil di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Banyak hal menarik yang terdapat di kota ini. Bagaikan sebuah magnet, Jatinangor menjadi pusat peradaban yang begitu cepat berkembang. Ia dapat menarik banyak orang untuk menikmati segala hal yang tersaji di dalamnya.
Jatinangor tak hanya menyajikan berbagai institusi pendidikan, ia pun menawarkan sisi lain yang dimilikinya sehingga setiap orang bisa menikmatinya. Jatinangor adalah kota sibuk pada siang hari. Hiruk pikuk berbagai kegiatan terjadi setiap harinya mulai dari pagi hingga malam hari.
Kemacetan lalu lintas, asap dan debu yang tebal menjadi bagian dalam diri Jatinangor. Itulah khasnya. Hal tersebut biasa terjadi pada siang hari. Saat malam menjemput pun, Jatinangor tetaplah menjadi kota sibuk dengan berbagai kegiatan orang-orang di dalamnya.
Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama. Sekitar pukul 22.00, Jatinangor telah menjadi kota tenang. Sepi dan sedikit. Jalanan begitu lengang, hanya beberapa kendaraan saja yang melintasi jalanan di Jatinangor. Tidak sepadat seperti pada siang hari. Cahaya lampu dan bulanlah yang menerangi kota ini. Begitu nikmat menikmatii keadaan Jatinangor pada malam hari.
Dingin kian menusuk kulit dan tulang saat saya menulusuri Jatinangor di malam hari. Sudah banyak toko-toko dan warung-warung makan yang tutup. Volume kendaraan pun menjadi lebih sedikit. Begitu tenang dan lengang. Itulah gambaran Jatinangor di malam hari, saat jam menunjukkan pukul 23.00 WIB. Saya pun begitu menikmatinya.
Saat semua orang terlelap dan tersihir oleh kenikmatan di malam hari untuk tidur. Ada sebagian orang yang masih ingin menikmati Jatinangor kala malam. Tak cukup bagi mereka menikmati kota ini hanya sampai siang ataupun sore, malam hari pun menjadi waktu yang mereka pilih untuk menikmati Jatinangor.
Masih ada beberapa tempat yang menawarkan kenikmatan lain yang dapat diperoleh oleh setiap orang yang ingin menikmatinya. Tempat-tempat ini menawarkan sesuatu yang memuaskan bagi mereka yang senang, suka, dan ingin menikmati serta menghabiskan malamnya. Mereka biasa melakukannya untuk menghilangkan penat dan jenuh yang diperolehnya saat siang hari.
Salah satu tempat yang masih bisa dinikmati pada malam hari di Jatinangor adalah tempat bermain game online. Tempat tersebut merupakan tempat yang menjadi salah satu favorit bagi mereka yang suka mengahabiskan harinya hingga larut malam. Batara Gamers Community (GGC) merupakan salah satu tempat yang menyediakan fasilitas tersebut. Dengan layanan 24 jam serta akses internet yang cepat menjadikan BGC sebagai salah satu tempat favorit untuk bermain game online. Harga murah pun ditawarkan layanan game online ini, dengan tarif Rp 2000/ jam.
“Gw suka maen di sini karena jumlah komputernya lumayan banyak dan akses di sini juga cepet, nggak lemot”, ungkap Noli salah satu penikmat game online.
Selain itu, ia pun menambahkan bahwa hal ini biasa dilakukannya untuk menghilangkan penat dan kejenuhan yang menghinggapinya setelah banyak melakukan aktivitas kuliah dan bekerja. Baginya, bermain game online merupakan salah satu jurus jitu menghilangkan semua itu.
Gambaran yang terjadi di sana adalah ruangan tersebut dipenuhi para pria dan asap rokok. Ruangan tersebut begitu pengap bagi saya karena pertukaran udaranya tidak begitu lancar. Keluar masuknya udara hanya melalui pintu masuk dan keluar tempat game online tersebut. Sekalipun di sana terpasang dua kipas angin, namun kipas angin tersebut tidak dihidupkan.
Komputer sebanyak 37 unit laku terpakai malam itu. Suara teriakan dan tawa terbahak-bahak membahana di ruangan tersebut. Setiap orang yang ada dalam ruangan begitu menikmati permainan yang sedang dimainkannya. Dota, Counter Strike, serta Rf merupakan jenis-jenis permainan yang biasa dimainkan para penikmat game online. Di samping itu masih banyak lagi game online yang bisa dimainkan mereka.
Untuk orang yang begitu mencintai permainan game online, waktu bukanlah kendala bagi mereka. Kapan pun dan bagaimana pun keadaannya jika mereka sedang ingin bermain, mereka pun harus bermain untuk memuaskan hasrat tersebut. Hal ini memang biasa terjadi pada mereka yang benar-benar mencintai kesukaannya.
Tak mengenal waktu. Itulah gambaran yang kerap terjadi pada para pecinta game online ini. Noli mengaku pernah menghabiskan waktunya selama 24 jam untuk bermain game online. Uang banyak terkuras merupakan fakta lain yang dialami para penikmat game online ini. Namun, hal itu tidak menjadi masalah bago mereka. Selama mereka senang dan merasa terpuaskan dengan apa yang dilakukannya adalah hal yang lebih penting dari sekedar uang. Pantang pulang sebelum puas, itulah jargon yang diutarakan Noli.
BGC hanyalah sebuah tempat yang memfasilitasi orang-orang yang begitu menyukai permainan game online. Selama tujuh tahun berdiri, BGC selalu memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Sebelum menjadi tempat permainan game online, BGC merupakan tempat permainan game biasa, ia hanya menyediakan banyak permainan di setiap komputer.
Sekalipun selalu ingin memberika yang terbaik untuk konsumennya. Tak ayal peristiwa yang kurang mengenakkan pun menimpa BGC. Salah satu konsumen BGC kehilangan motornya saat tengan menikmati permainan di sana. Aspek keamanan pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh penjaga BGC dan konsumennya. Heru, penjaga BGC malam hari, menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari.
Heru menambahkan bahwa BGC sudah cukup memberikan peringatan, berupa tulisan, kepada para konsumennya yang membawa kendaraan pribadi untuk selalu mengunci kendaraannya dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak BGC akan keamanan dan keselamatan bagi barang-barang yang dimiliki konsumen. Apa yang telah terjadi di BGC tidak membawa dampak negatif bagi BGC sendiri, seperti tidak menurunnya jumlah pengunjung.
Selain itu, BGC pun memiliki aturan-aturan yang harus dipenuhi oleh para konsumennya. Salah satu peraturannya adalah setiap orang yang bermain game online tidak boleh lebih dari 24 jam dan ia tidak boleh sering-sering bermain game di sana, minimall setelah 3 hari ia baru boleh bermain lagi.
Terdapat suka dan duka yang Heru rasakan saat berjaga di malam hari. Sukanya adalah ia pun bisa ikut bermain game online secara gratis. Dukanya adalah waktu tidurnya terganggu dan besarnya tanggung jawab yang diembannya. Tetapi semua itu tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap emncintai pekerjaannya itu.
Sebagai warga Jatinangor, Heru mengaku begitu menikmati keadaan Jatinangor saat malam hari. “Saya suka kalau Jatinangor udah malam apalagi kalau udah tenagh malam kayak gini ya. Saya paling suka dan saya menikmatinya.” Jelas Heru.
Menurutnya, pada malam harilah ia bisa menikmati ketenangan Jatinangor. Segala penat dan kejenuhan pun bisa hilang ketika ia melihat kedamaian yang diberikan Jatinangor saat malam tiba. Bagi Heru, inilah cara dia untuk menikmati Jatinangor saat malam mulaii merengkuh kota ini.
Memang, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk menikmati malam hari. Ada yang memilih untuk beristirahat, namun ada pula yang memilih untuk menghabiskan malamya untuk bermain game online. Atau menjadi pekerja di malam hari. Semua hal itu tidaklah salah. Seluruhnya kembali kepada setiap diri manusia. Setiap orang di kota ini memiliki cara lain untuk menikmati Jatinangor saat malam tiba.

Label: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar