Sepenggal Episode : Jatinangor Malam Hari

04.40 / Diposting oleh Jatinangor Malam Hari /

TH6/OJ/2009 Hani Noor Ilahi
210110070327

Sepenggal Episode : Jatinangor Malam Hari

Malam yang menggantikan siang
Menepati waktunya...
Malam membawa kegelapan
Selimuti alam semesta..
Di malam yang sunyi, yang menyentuh hati
Kurasa terharu, menginsyafi diri..
[Hijjaz-Malam]
Bumi tempat manusia berada saat ini memang unik, seolah tak ada sesuatu yang tak memiliki pasangan. Ada perempuan ada laki-laki, ada atas ada bawah, ada siang ada juga malam. Semua memiliki ciri khasnya masing-masing yang bersifat komplementer satu sama lain. Ketika salah satu pasangan itu hilang, maka akan terasa janggal sekali. Bisa dibayangkan, bagaimana manusia harus hidup jika, misalnya, tak ada yang dinamakan malam. Mungkin seluruh ummat manusia akan terlena dengan segala aktivitasnya. Tak ada sebuah jeda waktu kehidupan yang lain, yang memiliki karakter khusus seperti malam dengan kedamaiannya.
Dengan karakter damai yang dimilikinya, malam menjadi sebuah kondisi khusus bagi manusia untuk sejenak beristirahat setelah sehari penuh beraktivitas, meskipun tak sepenuhnya aturan ini berlaku umum dan menyeluruh. Ternyata banyak kalangan-kalangan yang baik secara rutin maupun tidak menjadikan malam sebagai waktu beraktivitasnya. Kalangan-kalangan tersebut tidak terbatas pada umur atau status sosial, mulai dari bayi hingga manula pun mungkin-mungkin saja melakukan aktivitas di malam hari. Alasan yang beredar pun tentu bermacam-macam, mulai dari insomnia, kerjaan yang menumpuk, hingga kebiasaan tidur yang tidak seperti orang kebanyakan.
Hal di atas dialami juga oleh sekelompok mahasiswa Universitas Padjadjaran, Jatinango. Mereka menghabiskan waktu malam dengan melakukan kegiatan pembuatan media kampanye dalam rangka pemilihan presiden BEM KEMA Unpad yang baru, menggantikan kepengurusan 2008-2009 di bawah kepemimpinan Gena Bijaksana.
Waktu menunjukkan pukul 20.47 saat itu, ketika sekelompok mahasiswa tersebut tetap asik mengerjakan tugasnya. Biasanya mereka akan mampu mengerjakan media-media kampanye tersebut hingga pukul 02.00 pagi, atau bahkan lebih.
“Iya, kami ini lagi bikin media-media yang dibutuhkan dalam kampanye prama (pemilihan raya mahasiswa-pen) Unpad yang sedang berjalan saat ini.”kata Ismi, mahasiswi FKG yang kedapatan masih berasik-asik ria membuat pernak-pernik kampanye. Dia mengaku bahwa dirinya tidak mengalami serangan kantuk yang dahsyat, meskipun malam semakin larut.
“Mungkin karena sudah terbiasa juga kali ya. Soalnya saya ngerjain ini udah dari beberapa hari yang lalu. Jadi semakin sini rasanya semakin terbiasa dengan pola tidur larut seperti ini.”ujarnya menegaskan.
Ismi lalu menambahkan bahwa dirinya dan kawan-kawan adalah tim sukses salah satu calon dari dua calon yang ada dalam kontes besar mahasiswa Unpad tersebut. Tak ada masalah dengan tidur malam, dengan rasa kantuk, lelah, dia tetap merasakan bahwa pekerjaan yang tengah dilakoninya selama beberapa hari ini adalah sangat menyenangkan. Tak heran memang, Ismi tak hanya bekerja sendiri, dia ditemani oleh teman-temannya sesama tim sukses. Meskipun keesokan harinya wanita yang menjabat juga sebagai Ketua BPM FKG ini harus kuliah pada pagi hari, tak menyurutkan langkah-langkahnya dalam upaya menyukseskan pasangan yang dia dukung.
Selain Ismi, ada juga Erly, seorang mahasiswi Fakultas Farmasi yang juga membantu penyediaan kampanye salah satu calon presiden dan wakil presiden mahasiswa Unpad.
“Yah, seneng-seneng aja sih ketemu sama temen-temen, ngelewatin malem hari bareng mereka. Kenikmatan tersendiri aja kayaknya, dan mudah-mudahan bukan hanya sekedar kenikmatan berkumpul aja, tapi juga kenikmatan bekerja bersama.”kata wanita asli Kuningan tersebut.
Memang ternyata malam bisa membawa berjuta makna, tentang arti kesendirian, arti kemandirian, arti kekuatan, juga arti kedekatan dan keintiman. Tak heran bila akhirnya banyak orang menempatkan kondisi malam sebagai sebuah waktu yang terbilang private. Hal ini bisa dikatakan berlaku umum dan universal. Malam adalah kenikmatan, tak terkecuali dengan Jatinangor.
Fenomena yang ada di salah satu sudut daerah terpencil bernama Jatinangor ini hanyalah salah satu fenomena kehidupan yang ada di Jatinangor. Masih banyak variasi kegiatan-kegiatan malam yang dilakukan oleh masyarakat Jatinangor, salah satunya adalah dengan mengunjungi pusat perbelanjaan nomor satu di Jatinangor, yaitu JATOS [Jatinangor Town Square].
Memang sah-sah saja jika orang ingin menjadikan waktu malam bukan sebagai waktu untuk beristirahat, toh memang tidak ada yang bisa melarang kebebasan manusia untuk itu. Ingin bekerja, ingin beristirahat, atau hal apapun yang ingin dilakukan di malam hari adalah pilihan yang sifatnya sangat kondisional, bergantung pada keadaan dari masing-masing.

Biodata Narasumber
1. Nama : Andi Ismi Syafitri
Lahir : Jakarta, 7 September 1988
Alamat :Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21, Pondok Kharisma Jatinangor
Aktivitas : Mahasiswi FKG Unpad Jatinangor

2. Nama : Erly Maryanti
Lahir : Kuningan, 11 November 1988
Alamat : Jalan Raya Ciawi No.31 Jatiinangor
Aktivitas : Mahasiswi Farmasi, Unpad Jatinangor

0 komentar:

Posting Komentar