Jatinangor Malam Hari bagi Anak Kost

03.34 / Diposting oleh Jatinangor Malam Hari /

Oleh : Diana Siti Rahmawati

Jatinangor sebagai salah satu kawasan pendidikan yang berada di daerah Sumedang adalah kawasan yang sangat identik dengan mahasiswa. Kawasan yang terletak antara Bandung-Sumedang ini dipadati oleh puluhan ribu mahasiswa yang berdatangan dari berbagai pulau yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai daerah yang di dalamnya terdapat empat universitas, kawasan kecil Jatinangor berubah menjadi kawasan mahasiswa yang sangat identik dengan masa muda.
Jatinangor yang pada zaman dulu adalah sebuah daerah beantara antah-berantah, berubah menjadi kawasan mahasiswa yang selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya, seiring dengan perkembangan waktu. Bermunculannya universitas-universitas yang menghiasi kawasan Jatinangor, seperti UNPAD, UNWIM, IPDN, dan IKOPIN pun membentuk sebuah kultur kehidupan baru di Jatinangor yang “sangat anak muda”.
Sebagai kawasan anak muda, keramaian di daerah Jatinangor, di setiap harinya, dapat terpantau di beberapa titik yang sebagian besar terdapat di daerah UNPAD. Tidak dapat dipungkiri, keberadaan UNPAD lah yang membuat suasana di Jatinagor sangat kental dengan nuansa anak muda yang juga identik dengan kawasan anak kosan. Setiap harinya, kawasan Jatinangor selalu disibukkan dengan aktivitas para anak muda yang tinggal di sana.
Kesibukan yang terjadi di Jatinangor tidaklah mengenal waktu, tak hanya di siang hari Jatinangor menjadi daerah yang sibuk, malam pun demikian adanya. Berbagai fasilitas yang ada di Jatinangor, seperti tepat makan, foto copy, dan warnet, adalah beberapa spot yang selalu ramai tanpa mengenal batasan waktu. Jatinangor Town Square (Jatos) yang merupakan satu-satunya mall yang ada di kawasan Jatinangor pun menjadi tempat favorit para mahasiswa menghabiskan waktunya untuk sekedar berjalan-jalan untuk melepas penat.
Siang hari di Jatinangor bagaikan suasana Tamrin yang ada di ibu kota, kemacetaan dan antrean kendaraan juga terjadi, terutama di kawasan UNPAD. Layaknya di daerah perkantoran besar, jam-jam tertentu di Jatinangor pun merupakan jam traffic yang juga akan menguras tenaga jika mengalaminya. Dengan udara gersangnya, Jatinangor yang pada awalnya adalah sebuah daerah yang hanya berfungsi sebagai penghubung antar provinsi, kini menjadi sebuah kawasan yang memiliki banyak keunikan tersendiri.
Ketika di siang hari aktivitas di Jatinangor sangatlah tergambarkan dengan jelas secara kasat mata, kehidupan malam di Jatinangor memiliki cerita tersendiri. Sebagai kawasan pendidikan, Jatinangor malam hari memiliki aura tersendiri yang cenderng memberikan rasa aman untuk beraktivitas bebas di malam hari, berbeda dengan daerah-daerah lain yang mungkin memiliki cerita berbeda mengenai malam hari.
Suasana malam di Jatinangor mulai terasa ketika waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 wib. Suasana malam di Jatinangor, sekilas tidaklah terlalu banyak berbeda dengan suasana malam yang ada di tempat-tempat lainnya. lantas apa yang berbeda? Hal yang membuat perbedaan antara malam hari di Jatinagor dan daerah lainnya adalah para penghuninya. Sangat banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan para mahasiswa yang berada di Jatinangor di malam hari.
Beberapa kelompok mahasiswa juga sering terlihat berkumpul di beberapa spot seperti kawasan Gerbang Lama UNPAD, Alfa Mart, dan beberpa kawasan lainnya. tempat makan merupakan spot yang paling ramai di Jatinangor ketika malam tiba. Karena sebagian besar mahasiswa yang tinggal di Jatinangor adalah anak kost yang notabene jauh dari keluarga, maka membeli makanan di luar adalah cara yang praktis untuk menghilangkan rasa lapar di malam hari.
Bagaimanakah cara beberapa mahasiswa yang juga anak kost menghabiskan malamnya di Jatinangor? Jawabannya tentulah sudah terprediksi. Mereka menghabiskan maalam hari di Jatinangor dengan cara yang berbeda-beda. Beberaa orang menghabiskan waktunya di Jatinangor dengan nongkrong bersama teman-temannya di beberapa spot, sedangkan yang lainnya pun melakukan hal lain yang berbeda.
Bagi mahasiswa yang senang bergaul, malam hari digunakan sebagai waktu yang tepat untuk melepas penat dengan teman-teman di sebuah spot umum, hal berbeda dilakukan oleh mereka yang tidak terlalu menyukai keramaian dan kehidupan malam hari. Beberapa anak kost yang notabene adalah anak rumahan, malam di Jatinangor tidaklaah terlalu berbeda dengan malam-malam yang mereka lalui di rumah mereka sebelumnya.
Nunik, salah seorang mahasiswa Perternakan, UNPAD, mengakui bahwa dirinya tidak terlalu menykai untuk menghabiskan waktu di malam hari di luar kosan. Pada malam-malam di Jatinangor, hal yang biasa dilakukannya adalah menghabiskan waktu untuk sekedar berkumpul dengan teman-teman di kosannya untuk saling berbagi pengalaman yang dirasakan. Sesekali, mahasiswa kelahiran Cirebon ini pun menghabiskan waktunya untuk bermain di Jatos bersama teman-temannya untuk sekedar melakukan windows shopping ataupun nonton di Cineplex 21. Baginya, jika harus menghabiskan waktu di malam hari selain di kosannya, Cherrys Corner menjadi pilihan dengan alasan karena tempat makan tersebut selain memiliki kualitas makanan baik dengan harga yang mahasiswa, juga memiliki fasilitas yang memanjakan pengunjung, seperti hotspot.
Bagi orang rumahan seperti Nunik, menghabiskan malam di Jatinangor akan lebih menyenangkan jika dihabiskan di kosan, selain karena hal tersebut lebih membuatnya nyaman, menurutnya kawasan Jatinangor pun belum terlaalu aman, sehingga membuat dirinya kurang menyukai untuk menghabiskan waktu malamnya di tempat-tempaat di luar kosannya.
Kecenderungan untuk menghabiskan malam di kosan pun juga dilakukan oleh Fidi, mahasiswa Fikom, UNPAD. Menurutnya, menghabiskan malam hari di Jatinangor tidaklah harus selalu dilakukan di luar kosan. Hal tersebut disebabkan menurutnya di kawasan Jatinangor sendiri tidak terlalu banyak spot yang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong. Baginya, jika bosan melanda, tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat menhabiskan waktu adalah Cherrys Corner, tempat makan yang berada di kawasan sekitaran Jatos.
Selain Fidi dan Nunik, Erna pun merupakan salah seorang yang memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di kosan ketimbang menghabiskan waktunya di luar kosan, pada malam hari. Baginya, menghabiskan malam di Jatinangor sudahlahh cuukup jika dilakukan di rumah saja. Menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama teman kosan, menonton dvd ataupun sekedar berkunjung ke kosan temannya adalah hal yang cukup baginya untuk menghabiskan malam hari di Jatinangor.
Menurut Erna, jika kebosanan sedang melanda, Jatos menjadi tempat pilihannya untuk menghabiskan malam hari. Biasanya yang ia lakukan disana adalah nonton, ataupun bermain billiard bersama teman-temannya. Baginya, Jatos adalah satu-satunya tempat nongkrong yang paling recommended untuk di daerah Jatinangor karena di dalanya sudah terangkum berbagai jenis hiburan yang cukup membantu untuk sekedar menghilangkan rasa bosan.
Secara keseluruhan, suasana malaam hari di Jatinangor cukuplah kondusif dan aman, meskipun terkadang sering juga terjadi tindak kejahatan yang menjadikan para mahasiswa sebagai korbannya. Rasa aman tersebut dapat tercipta karena fungsi kawasan Jatinangor sendiri yang merupakan kawasan mahasiswa.
Cara menghabiskan waktu di malam hari yang beraneka ragam itu sudahlah menjadi sebuah kewajaran yang terjadi. Jatinangor dengan keunikannya tersendiri menjadi sebuah kawasan mahasiswa yang memiliki cerita tersendiri setiap malamnya. Malam di Jatinangor memang tidak seramai malam-malam di daerah lain, tetapi malam di Jatinangor memiliki cerita tersendiri dan suasana tersendiri yang sangat khas dan sangat mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar