Kegiatan Malam

05.09 / Diposting oleh Jatinangor Malam Hari /

oleh: Wikan Resminingtyas

Selama saya tinggal di Jatinangor, sering sekali ada berita kehilangan dari kos-kosan sekitar, entah itu hilang Dompet, Handphone, Laptop, Pakaian, bahkan Sepeda Motor. Paling sering adalah kehilangan handphone dan dompet yang disimpan di kamar. Teman saya, pernah kehilangan sepasang sepatu di tempat kostan saya sekitar 5 tahun lalu. Setelah di teliti, pelakunya adalah tukang bersih-bersih dan cuci baju di lingkungan kostan, padahal ia wanita tua yang sudah berumur 40-50 tahunan, karena teman-teman saya juga ternyata pernah kehilangan dan sama-sama mencurigai ibu-ibu itu, akhirnya ia dipecat jadi tukang bersih-bersih setelah dilaporkan ke pemilik kost.
Maling memang cerdik dan nekat, kadang-kadang ia masuk ke kamar kost disaat kita lengah. Seolah dia tahu kebiasaan kita menyimpan barang, tempat-tempat yang kadang tidak kita duga akan ketahuan, akhirnya kejadian juga. Sebelum hari raya idul fitri, ada kabar kalau anak kost di kostan sebelah hilang handphone-nya, ia simpan handphone tersebut di bawah bantal yang ia tiduri bersama sebuah dompet. Anehnya, dompet yang tidak ada duitnya itu tidak diambil, hanya handphone saja yang ia ambil.
Nah, saya sendiri mungkin termasuk orang yang paranoid, termasuk sama orang-orang disekitar yang datang dan pergi
Bukan tips sih, mungkin ini sekedar saran saya saja:
1. Jangan berikan pemandangan kamar terhadap orang yang tidak anda kenal dengan baik (misalnya, peminta sumbangan, tukang ngamen, tukang bakso, atau orang yang sekedar lewat depan kostan), jangan sembarangan membuka pintu kostan apalagi kalau kostan berhadapan dengan jalan yang sering dilewati. Pernah suatu saat ada orang yang mau minta sumbangan ketika pintu kamar kost saya terbuka, wah itu orang… matanya langsung menerawang berputar kepenjuru kamar kost.
2. Jangan simpan barang berharga di dekat pintu atau jendela. Termasuk menggantung baju/celana yang ada dompetnya, atau menyimpan HP. Sebaiknya diatur tata letak barang-barang dan tempat tidur di kamar kost, jangan menyimpan meja tulis/komputer di dekat jendela. (biasanya kan kita sering menyimpan barang berharga di meja tanpa kita sadar).
3. Kunci kamar kost, walau ditinggal wudhu ke kamar mandi (kalau kamar mandinya diluar). Sebab sering kejadian kehilangan barang ketika di tinggal wudhu shalat Maghrib, padahal hanya 3-5 menit saja. Sebelum tidur, jangan lupa kunci pintu, seorang teman pernah menemukan celana lusuh dan sepatu butut di dalam kamarnya pada suatu pagi, eeeh… taunya celana jeans Levi’s dan Sepatu yang ia punya raib (kebayang gak sih, maling itu sempet ganti celana ama sepatu pas kita tidur)…
4. Waspadai waktu-waktu yang sering terjadi kemalingan: yaitu waktu maghrib, ketika jumat siang (sebagian besar penduduk laki-laki jatinangor menunaikan shalat jumat, kecuali maling), Dini Hari sekitar pukul 3 pagi - 6 pagi.
5. Bila Anda memiliki laptop, dan sering menyimpan di meja, gunakan kunci / rantai laptop untuk mengikatkannya ke meja / tralis. Bulan ramadan kemarin, ada mahasiswi yang kehilangan laptop pukul 5:30 pagi, padahal di laptopnya itu ada skripsi dan data penelitian, kasian sampe nangis terus karena nyesel…
Hati-hati dengan:
1. Ada orang yang sering lewat didepan kostan, biasanya ia pakai topi dan sweater walau siang hari (mungkin ini maling yang mempelajari kebiasaan orang-orang di tempat kost).
2. Ada orang nyari kost-kostan waktu malem atau nyari kost-kostan temennya, ketika ditanya jawabannya ngawur, saya lumayan sering menemukan tipikal orang kayak gini. Tanya aja dengan nada sedikit tinggi dengan bahasa Sunda “Hei rek naon maneh!!!” (Hei mau apa kamu !!!) biasanya orang itu langsung gugup dan berusaha memalingkan muka atau dia mencari alasan sedang mencari kostan / temannya.
3. Akhir-akhir ini sering ada pemulung yang beroperasi dini hari sekitar jam 2 Pagi, heran mereka nyari apa, emang bisa keliatan jelas ?! begitu pikir saya, Taunya memang ada kejadian, ada tutup got (yang dibuat dari besi dan beton) raib diangkut, pagar rumah, tempat sampah, ember, apa pun yang kita lengah menyimpan, bisa raib juga :D.
Secara tampang dan penampilan, kita mungkin dapat membedakan, mana mahasiswa asli mana maling, walau para maling ini sering berusaha berpenampilan seperti mahasiswa, ikuti kata hati Anda. Yang pasti, jangan sampai memberikan kesempatan kepada orang lain bertindak jahat.
. . .

0 komentar:

Posting Komentar