Nongkrong Asik di Alfamart

00.55 / Diposting oleh Jatinangor Malam Hari /

oleh Siti Nurjanah

Bukan hanya disiang hari saja jatinangor ramai tapi dimalam hari pun jatnangor ramai, mungkin pada siang hari kita bisa melihat hiruk pikuk mahasiswa yang akan kuliah dengan berpakaian rapih. Tapi pada malam hari kita bisa menjumpai para mahasiswa unpad dengan berpakaian santai. Mungkin kalau siang hari memakai kemeja dengan sepatu tapi pada malam hari mereka hanya menggunakan kaos, celana pendek dan sandal jepit. Ada yang mau pergi kekostn temannya, mencari tempat makan dan mencari tempat “nongkrong”.
Di jatinangor banyak sekali tempat-tempat yang bisanya dijadikan tempat ngumpul anak-anak muda. Salah satunya alfamart bunga mas yang berada di depan gerbang unpad, diparkiran alfamart lah mereka biasanya “nongkrong”. Alfamart bunga mas sering sekali dijadikan tempat pertemuan dan pekumpulan atau lebih sering disebut dengan “nongkrong” anak-anak. ada yang sekedar nongkrong-nongkrong saja ada juga yang melakukan rapat di depan alfamart tersebut.
Dari jam 5 sore depan alfamart itu sudah ramai. Bercanda, curhat, rapat serius dengan teman-temannya hingga membuat mererka tidak terasa “nongkrong” didepan alfamart. Biasanya mereka “nongkrong” sampai malam tidak peduli alfamartnya sudah tutup dan juga lampu dimatikan, mereka tempat asyik main disitu. Ungkap ricky mahasiswa fisip yang sedang melakukan rapat di depan alfamart “main-main aja disini bosan dikostan sepi masalahndiya, kalau disini kan rame”. Merasa bosan diam dikostan itu menjadi salah satu alasan mereka “nongkrong” di alfamart.
“Nongkrong” merupakan kesukaan anak muda Indonesia, dan itu sudah menjadi suatu kebisaan ataupun suatu budaya kita. Mulai dari “nongkrong” ditempat yang berkelas sampai tempat “nongkrong” hanya di pinggir jalan atau di tempat biasa-biasa saja. biasanya mereka “nongkrong” disela-sela waktu yang mungkin seharian sudah pengap dengan pekerjaan mereka ataupun kuliah mereka. “nongkrong di depan alfamart ini lumayan juga untuk menikmati angin malamnya jatinangor sambil melihat orang-orang lewat saja. lagian nggak ada tempat lain yang enak buat nongkrong-nongkrong gini” ungkap fidi salah satu mahasiswa fikom.
Mungkin bagi beberapa orang “nongkrong” itu hanyalah pekerjaan orang-orang yang tidak ada kerjaan saja dan tidak menghasilkan apapun. Tapi sebenarnya dengan “nongkrong” sambil makan, minum dan ngobrol dengan teman-teman itu dapat menumbuhkan atau mengakrabkan satu sama lainnya. Seperti pengakuan rena salah satu mahasiswa fisip, unpad ” saya sih tadi diajakin teman kesini aja, tapi jadi kenal beberap orang disini ni”. Dengan dijadikannya alfamart sebagai tempat “nongkrong” anak muda jatinangor, ternyata juga mengakibatkan dampak positif bagi alfamart sendiri.
Memang sangat berbeda sekali alfamart bunga mas dengan alfamart yang lainnya, alfamart yang lainnya biasanya tidak pernah dijadikan tempat “nongkrongan” seperti itu. Ada sebagian anak muda yang tidak suka nongkrong, justru lebih suka nonton dibioskop. Seperti ungkap ria mahasiswa pertanian “ aku sih nggak suka nongkrong malam hari di depan alfamart, tapi aku mah lebih suka menghabiskan nonton DVD atau nggak nonton di bioskop, karena itu lebih jelas ya”.
Setiap malamnya alfamart di bunga mas selalu ramai tidak sepi. Apalagi sekarang ini gerbang unpad sudah tidak ada, jadi anak-anak muda yang “nongkrong” yang dulu digerbang pindah ke depan alfamart. “Nongkrong” di malam hari di depan alfamart sangat lah strategis, dekat dari semuanya. Fasilitas-fasilitas “nongkrong” di depan alfamart sangatlah banyak, banyak yang jualaan makanan disekitar teman, ada warnet ada juga tempat renta bermain game.
Disaat mereka bosan “nongkrong” di depan alfamart tapi malas pulang kekosan mereka biasanya langsung ke wanrnet atau bermain game di bunga mas tersebut. Ataupun bila meraka lapar, mereka bisa makan disekitar gerbang. Tidak ada tempat lain di jatinangor yang bisa dijadikan tempat “nongkrong” seperti itu.

0 komentar:

Posting Komentar